trick masuk ke label
by sehelai daun on Nov.22, 2009, under
Rahasia ntuk meraih keberhasilan adalah menemukan role model/model peran, yaitu mencontoh seseorang yg sudah mendapatkan hasil yg Anda inginkan, lalu menggali pengetahuannya.
Pelajari apa yg dilakukannya, apa saja keyakinan intinya dan bagaimana ia berpikir. Anda akan menghemat banyak waktu, sebab Anda tidak perlu repot- repot menciptakan metodanya. Anda cukup menyempurnakannya. Anda tinggal membentuknya ulang, bahkan mungkin bisa menjadikannya lebih baik.
Kami merasa mempunyai kewajiban moral untuk berbagi/sharing pengalaman dgn teman-teman semua. Cukup sudah informasi tentang kord-kords lagu,tips bermain gitar or tips bermain drum yg baik, dsb. Kini kami akan berbagi pengalaman dan Tips agar Band kamu sukses menembus label rekaman.
Sebelum kamu membaca halaman berikutnya. Sekali lagi kami ucapkan selamat, karena kalian telah memutuskan untuk mengambil tindakan pertama untuk melangkah menuju kesuksesan.
INTRO
Apa yg menyebabkan sebuah band bisa mendapatkan kontrak rekaman perusahaan rekaman besar ?
Pertanyaan itu pasti selalu ada di benak semua anak band. Mendapatkan kontrak rekaman adalah sesuatu yg susah-susah gampang. Dibutuhkan bakat, kepandaian dalam memasarkan, dan faktor Luck.Namun kita harus mempunyai keyakinan dan berusaha dgn cara yg tepat. Ibarat Anda bepergian naik taxi namun Anda tidak menginformasikan alamatnya ke sopirnya .Apa yg terjadi? Taxi itu akan berputar-putar saja dan tidak pernah sampai ke alamat yg dituju.
Inti dari cerita itu adalah tetapkan dulu goals atau tujuan band Anda terlebih dahulu secara spesifik. Apakah band Anda hanya ingin jadi band entertaint yg memainkan lagiu top 40 seumur hidup, hanya ingin menjadi band indie lokal, atau pingin menjadi band nasional yg dikontrak major besar. Intinya,Tetapkan dulu tujuan Anda nge-band!!.
Setelah menetapkan tujuan yg jelas, Band kamu harus menaikkkan standar.Anda ingin jadi band dgn kualitas seperti kangen band, wali, dst atau band2 besar Indonesia misal : Slank, Dewa, GIGI. Lebih baik lagi kalau standar Anda band kelas dunia misal : Rolling Stones,U2, dst. Dgn menaikkan standar dan acuan, band Anda akan ter-sugesti untuk menjadi band yg mempunyai standar tinggi.
Setelah goals sudah ditetapkan dan standar sudah dinaikkan, rinci rencana kerja karir band kalian, fokus, dan terus belajar, dan jangan lupa berdoa.Karena diatas semua itu, ada tangan yg Maha Agung yg akan menuntun langkah kita
FLOWCHAT
Tips #1
MEMBENTUK BAND
1. Mencari nama band
Kelihatannya sepele, namun ini hal yg sangat penting. Karena merupakan landasan untuk step berikutnya. Memilih nama band harus sesuai dgn musik yg dibawakan dan imagenya, Cara mencari referensi nama band bisa dilakukan dgn browsing di internet, cari di google dalam bahasa Indonesia saja, supaya tidak rancu dgn band luar negeri atau merk sebuah produk. Atau tanya Tokoh2 Spiritual...he7X..beneran ini ....he7x...karena dalam kenyataannya musisi sekelas ahmad dhani melakukannya.
Tips : Nama harus mudah diingat; Nama harus mudah diucapkan dan dieja; Nama harus mudah dibentuk sebagai logo; Nama harus mudah untuk dikaitkan dgn filosofi tertentu, dan Nama harus tidak biasa/unik.
2. Menentukan imej Band
Pengertian imej : imej yg terbentuk dari band merupakan merupakan persepsi yg ditangkap publik saat menerima informasi apapun yg diberikan band tersebut secara terus menerus.
Tips : Image bisa ditimbulkan dari musik,lirik, gaya/penampilan, fashion/kostum,attitude personil, sampul album, desain merchandise, dan opini personil band ketika diwawancarai media cetak/TV.
Tips #2
BERLATIH DAN MENCIPTAKAN LAGU
1. Berlatih band
Berlatihlah secara teratur, karena selain harus bisa menciptakan lagu yg baik band Anda juga harus mampu bermain rapi dan kompak.Untuk mencapainya tidak bisa tidak band Anda harus berlatih secara teratur.
2. Menciptakan Lagu yg “Beracun”
Tips A :
Para pelaku industri rekaman di Indonesia menyebut tidak ada rumus baku sebuah lagu ciptaan seseorang bakal sukses di pasaran.”Tetapi yg jelas, setiap lagu yg sukses biasanya punya “racun” didalamnya”, ungkap Mohamad Wirasto, yg akrab dipanggil Kiwir, Kepala Depatemen A & R (Artist n repertoire) EMI Music Indonesia. “Racun” yg dimaksud Kiwir adalah bagian lagu yg memorable, alias mudah diingat. Bagian tersebut bisa berupa notasi,tema lagu, aransemen musik,lirik, atau bahkan susunan bait-bait liriknya. (Kompas,15 April 2007)
Tips B :
“Inspirasi bisa datang dimana saja dan dalam suasana apa saja. Jadi untuk songwriter biasakan selalu membawa buku kecil dan mp3 untuk merekam. Kalo inspirasi diibaratkan binatang buruan, maka buku kecil dan MP3 adalah pengikat yg baik. Kadang-kadang suka hilang kalo tidak cepat dicatat/direkam (Matra, 27 Mei 2004).
Tips C :
(1). Sebelum membuat lagu, coba dengarkan musik sebanyak-banyaknya. Dengerin referensi lagu sebanyak mungkin. Dari semua genre musik. Blues, Jazz, Pop, swing, Rock n roll, reggea, ska, alternatif, grunge, rap metal, emo. Dgn begitu, kita akan memiliki banyak referensi untuk modal membuat LAGU SENDIRI.
(2). COBA JUJUR dalam berkarya. Bikinlah lagu yg sesuai dgn selera. Karena, saat membuat lagu yg memang kita sukai, biasanya ide akan lebih cepat mengalir.
(3). Jangan malu untuk mengacu pada karya yg ada. Bukan berarti kita jadi PLAGIATOR, lho! Toh mengacu tidak sama dgn menjiplak. Hanya mempermudah kita memulai, sampai kita menemukan gaya menulis LAGU KITA SENDIRI.
(4). Jangan membuat lagu yg berat. Coba buat lagu yg gampang dinyanyikan dan gampang dimainkan. Biar lebih banyak orang yg bisa menerima lagu kita.
(5). PERHATIKAN LIRIK! Nggak bisa dipungkiri kalo lirik mempunyai kekuatan tersendiri dalam sebuah lagu. Lirik yg bertemakan cinta memang sangat menjual, tapi harus disesuaikan juga dgn warna musik. Cobalah buat lirik yg simpel dan menarik tapi mempunyai pesan yg baik, syukur lirik bisa ditafsirkan bermacam macam untuk memberikan ruang pikir dan perasaan masyarakat. Boleh juga agak SEDIKIT NAKAL. Dgn lirik yg sederhana tapi nakal itu, mungkin masyarakat luas lebih bisa menerima.
(6). Jangan sekali-kali mengartikan lagu bagus itu sebagai lagu yg dipenuhi berbagai instrumen. Cuma dgn gitar pun lagu bisa terdengar bagus. INGAT, bagus bukan berarti rame. Bukan juga berarti juga KAYA BUNYI.
(7). Jangan takut mendengar kritikan orang pada lagu kita. Kritikan itu justru bisa dijadikan modal untuk membuat lagu bagus di masa mendatang.
Tips #3
PANGGUNG/VENUE KECIL
Setelah lagu kamu jadi, ujilah apreasi penonton terhadap lagu ciptaan kamu sebagi uji kualitasnya.Panggung menjadi tempat yg bagus untuk mengetahui bagaimana para penonton merespon lagu ciptaan band kamu.Bisa jadi lagu favorit Anda sebagai songwriter malah tidak disukai penonton.Berarti Anda harus lapang dada, perbaiki, coba lagi terus-dan terus.
Untuk bisa manggung di venue-venue, PENSI, Acara2 Kampus, Promo rokok or Provider, band kamu harus rajin membuka hubungan dgn EO. Media, Studio musik, rental sound, dst. Tips :
1. Coba cari list promotor atau EO sebanyak mungkin di kota asalmu. Langsung kirimkan demo atau album dgn kemasan terbaik pada mereka, dan jangan lupa lengkapi dgn biodata dan foto.
2. Seru juga kalau dilengkapi dgn rekaman aksi panggung berupa VCD maupun DVD. Tentunya yg kualitasnya nggak jelek-jelek amat.
3. Coba undang promotor ke event dimana band kita ikut serta sebagai performer. Biar mereka bisa mendapatkan lebih banyak gambaran soal band kita.
4. Kalau susah dapat promotor buat konser kecil, rajin-rajin ikut festival. Percaya deh. Banyak promotor yg mencari performer lewat jalur ini.
5. Kalau dapat tawaran, jangan lantas pasang harga tinggi. Coba tempatkan band kita pada step yg sepantasnya. Ingat, pengalaman manggung membawa kita menjadi band yg baik di masa depan.
6. Saat ditonton promotor JANGAN GROGI. Cuek saja. Toh, bukan hanya mereka yg akan memberi pekerjaan pada kita.
7. Jangan terlalu menjilat. Meski banyak yg duka dijilat, tapi ada waktunya mereka ingin melihat kita bersikap TULUS.
Tips #4
MEREKAM DEMO SEDERHANA 8/12 TRACK
BIKIN DEMO YG MENARIK
1. Pilih lagu yg dinilai bisa menggambarkan karakter dan imej band. Karena karakter dan imej amat penting di mata perusahaan rekaman.
2. Coba bikin aransemen yg sederhana namun memikat.
3. Pastikan, ada satu bagian dari keseluruhan lagu yg mengandung “racun”i. Entah itu intro, song maupun reff.
4. Rekamlah lagu dgn LAYAK. Tidak perlu mencari studio yg mahal. Tidak perlu juga merekam dgn sistem track. It’s okay merekam live,
5. Jangan lupa sertakan lirik. Karena, lirik dinilai cukup tinggi oleh tim Artist & Repertoire (A&R) *) yg mendengarkan demo kita.
6. Siapkan packaging yg menarik. Dgn packaging yg catchy dan merarik, bisa membuat A&R tertarik mengambil dan mendengarkan demo kita.
Semua hal yg disebutkan biasanya dikenal sebagai PROMO KIT, yaitu sebuah paket promo yg harus bisa merepresentasikan bukan hanya musik sebuah band namun juga imej band secara keseluruhan sehingga memudahkan perusahaan rekaman melakukan identisikasi produk. Biasanya PROMO KIT terdiri dari CD Demo, foto band,biografi band, contact person management dan info-info menarik tentang para anggota band,kliping koran/majalah berita tentang band kamu, dan foto-foto manggung band kamu.
*) Keterangan :
A & R adalah ujung tombak label rekaman yg bertugas untuk berburu dan mengontrak artis-artis/BAND pendatang baru yg potensial menghasilkan keuntungan bagi label rekaman.
Tips #5
MEMBENTUK MANAGEMENT BAND
Tips :
MEMILIH MANAJER YG TEPAT
Sebuah band jelas membutuhkan seorang manajer. Fungsinya bukan untuk GAYA-GAYAAN. Tapi sebagai mitra kerja band untuk mencapai sesuatu yg mereka inginkan. Pengertian manajer sebenarnya SIMPLE! Seorang manajer adalah sosok yg dianggap kapabel untuk mengatur urusan band diluar proses kreatif.
TUGASNYA BANYAK. Mulai mengatur jadwal latihan, mengatur keperluan band setiap kali manggung, menyiapkan strategi berjualan, melakukan deal dgn pihak lain yg berhubungan dgn bisnis. Dan masih banyak lainnya. Melihat tugas yg BERANEKA RAGAM, sosok manajer sebaiknya memang tidak dipegang satu orang. Lantas bagaimana memilih manajer yg TEPAT?
Berikut ini ada beberapa tips yg BISA DICOBA!
1. MANAJER haruslah sosok yg mengenal dgn baik musik kita. Dgn mengenal produk, manajer itu bisa memikirkan banyak strategi untuk mengembangkan PRODUKNYA.
2. MANAJER haruslah sosok yg disegani oleh seluruh personil. Dgn begitu, manajer bisa jadi penengah setiap ada perselisihan. Saran-sarannya juga bakal selalu DIDENGAR. Karena wibawanya cukup besar di mata seluruh personil.
3. MANAJER harus memiliki kapabilitas untuk berbisnis di jalur musik. Setidaknya tahu soal sound system, kontrak dan berbagai masalah lain di industri musik. TIDAK HARUS ADVANCE, NAMUN PUNYA BASIC YG CUKUP.
4. MANAJER haruslah sosok yg cerdik dan mampu menghasilkan ide-ide gemilang yg out of the box.
5. MANAJER harus memiliki kemampuan berkomunikasi tinggi. Karena dia adalah WAKIL BAND yg berhubungan dgn klien untuk berbagai urusan. MULAI DARI LEGAL SAMPAI BISNIS.
Management band bisa terdiri atas :
1. BAND MANAGER
Manajer yg berperan aktif mengatur kegiatan anak band. Mulai dari imej, pengaturan jadwal, hingga pengurusan kontrak dgn berbagai pihak.
2. BUSINESS MANAGER
Manajer yg mengurusi pengembangan bisnis sebuah band. Dia yg bertanggung jawab atas masalah bisnis sebuah band. Mulai dari soal merchandising, pengadaan fans klub, penjualan brand band, sampai promosi
3. ROAD MANAGER
Manajer bertanggung jawab mengurus segala keperluan band yg berhubungan dgn panggung dan latihan. Ketika tour bisa dibilang ia adalah ketua rombongan yg merepresentasikan kepentingan artis dan semua crew.
4. STAGE MANAGER
Manajer yg bertanggung jawab mengontrol proses load in (masuk) dan load out (keluar) segala macem hardware di sekitar panggung, mengurus keberadaan alat-alat, dan mengkoordinir teknisi.
Selain Manajer, Band juga harus mempunyai seorang LEADER. Ybs harus seseorang yg mempunyai wawasan musik yg paling luas diantara personil lainnya. Dan bisa berfungsi sebagai designer musik. Baik secara musikal maupun imej.Mempunyai jiwa kepemimpinan dan sense of bussines yg baik. Jiwa kepemimpinan karena dia harus memimpin semua anggota band dan tim management bersama dgn Manager. Sense of businness karena dia harus mampu menghidupi band, management beserta keluarganya.
Untuk Indonesia, contoh leader yg baik adalah Bimbim dgn Slank dan Pulau Biru management-nya dan Ahmad Dhani dgn DEWA 19 dan Republik Cinta Management-nya. Walo keduanya mempunyai gaya kepemimpinan yg berbeda, but it’s OK sepanjang mampu membuat band bertahan lama dan secara bussiness masih jalan.
Tips #6
MEMBUAT STRATEGI UTK MENGEMBANGKAN KARIR BAND
Tips A :
MEMBUKA JALUR DISTRIBUSI
Kalau memang tertarik menjual musik, kita harus mencoba membuka jalur distribusi. Biar album yg kita produksi makin meluas wilayah jualnya. Berikut tips seru guna membuka jalur distribusi.
1. Bikin perencanaan penjualan yg detail. Mulai dari jumlah album yg dijual, jumlah dana yg tersedia untuk distribusi, sampai luasnya area yg jadi target penjualan. Dgn begitu, kita bisa LEBIH FOKUS MEMAKSIMALKAN PENYEBARAN ALBUM.
2. Kalau jumlah dana untuk distribusi sedikit, ada baiknya melakukan distribusi sendir. Modalnya cuma sedikit bensin, tenaga, semangat dan kemauan, kok! Langsung saja datangi distro terdekat. Atau boleh juga datang langsung ke toko kaset yg ada di kota kamu. Langsung saja nego soal pembagian keuntungan di sana. Tidak banyak makan dana. Sekedar catatan, sebelum nyamperin distro atau toko kaset, yakinkan kalau pendengar jenis musik kita bakal datang ke tempat itu. Kalau ternyata jarang datang, ya percuma. Album kita bakal cuma jadi ALAS DEBU.
3. Kalau punya uang lebih dan ingin distribusi yg lebih besar, langsung cari saja info seputar perusahaan distribusi di kota kita. Coba datangi satu-satu dan lakukan negosiasi. Jangan terpukau dgn angka yg murah. Jangan juga langsung sewot dgn jumlah yg besar. Lihat dulu perencanaan distribusi yg mereka buat. Soalnya, efektivitas penjualan jelas tergantung pada perencanaan.
4. Begitu album kita terdistribusikan, jangan lantas senang. Pekerjaan belum selesai. Kita harus masih mengecek ke titik pendistribusian guna mengetahui kinerja rekan usaha kita. Selain itu, juga rajin-rajin melihat laporan keuangan. Biar kalau ada masalah, bisa cepat terselesaikan.
5. Dari akar katanya, distribusi adalah menyebarkan sebuah produk ke banyak tempat. Artinya, meski album kita sudah ada di mana-mana, tetap saja dibutuhkan kegiatan lain guna menarik pembeli. Makanya, selain ditentukan distribusi, penjualan album juga amat tergantung pada promosi yg kita lakukan.
Tips B :
KIAT PROMOSI EFEKTIF
Ingat, promosi yg baik nggak selalu DIDASARI JUMLAH BUJET! Jadi bohong kalau ada yg bilang promosi besar-besaran bisa meningkatkan penjualan. Kalau strateginya tidak pas, jumlah uang makin banyak terbuang. Sementara, penjualan tetap nggak nambah-nambah. Lantas, melakukan promosi yg EFEKTIF ?
1. Pastikan dulu target market yg bakal disasar oleh produk kita. Perlu diingat, yg namanya barang jualan pasti punya pasar spesifik. Jadi mengenali pasar adalah KEHARUSAN. Biar strategi promosi bisa dibikin.
2. Setelah mengenal target market, coba bikin strategi promosi yg pas. Dan jangan lupa sesuaikan dgn budjet. Misalnya, kalo musik kita pas orang kuliahan, cobalah lakukan promosi minim budjet di beberapa tempat dekat kampus. ENTAH BAGAIMANA CARANYA. Mulai dari bagi stiker, kaos sampe main akustikan. Dgn begitu, band kita langsung terpromosikan pada pasarnya.
3. Selain cara-cara konvensional macam poster, stiker, kaos dan berbagi merchandise lainnya, mendekati media adalah sarana promosi yg penting. Karena, lewat media, pendengar musik bisa lebih kenal dekat pada band kita. Yg perlu diingat, JANGAN NYAMPAH!!!. Coba dekati media yg pas sama segmen musik kita. Biar sedikit tapi tepat sasaran.
4. PERGUNAKAN TEKNOLOGI! Cobalah berpromosi lewat SMS, Email dan berbagai situs internet seperti : You Tube, Myspace dan masih banyak lagi. Melihat kebiasaan masyarakat yg udah melek internet, media ini amat tepat buat berpromosi.
5. Coba perbanyak teman. Caranya, sering nongkrong atau korespondensi via email. Biarkan teman-teman kita ini bercerita bagaimana musik yg kita mainkan. Karena promosi word of mouth terkadang amat efektif.
Tips #7
BERNEGOISASI DGN LABEL
Handphone contact person band kamu dihubungi oleh A & R perusahaan rekaman. Senang?. Bahagia?.Pasti!!.Namun jangan langsung terbawa perasaan. Karena, rasa senang bisa jadi BUMERANG.
Kalau sudah dapat panggilan, langsung saja ikuti kemauan label yg berminat. Jika mereka minta tambahan lagu coba cari lagu-lagu lain yg dinilai “jualan”. Jangan mutung. Itu harus dilakukan, karena meski bergerak di bidang seni, mereka juga perusahaan yg harus menghasilkan laba.
Saat label memutuskan untuk melakukan kontrak, jangan terlampau girang. Cobalah lakukan langkah-langkah di bawah ini :
1. Coba untuk berbicara dgn nada sewajar mungkin. Jangan cepat emosi. Entah marah atau KETAWA-KETAWA KARENA GIRANG
2. Jangan langsung ditanda tangan. Coba bawa pulang kontrak, dan lihat pasal-pasal yg berhubungan dgn keterikatan band. Mulai dari lama kontrak, bentuk kontrak (full atau kerja sama), sampai sangsi yg akan menimpa kedua belah pihak bila kontrak batal.
3. Kalau kurang mengerti, nggak apa juga minta tolong orang yg lebih mengerti. Mungkin manajer, band, teman, atau pengacara.
4. Perlu diingat, kontrak kerja adalah perjanjian kerja sama. Jangan mau dirugikan bila merasa kontraknya nggak sesuai. Langsung negosiasikan bagian-bagian yg kurang berkenan.
5. Soal duit-duitan bisa terlihat menipu. Jangan terpana sama besarnya royalti advance. Langsung selidiki bagian-bagian yg menjurus pada pendapatan kita. Biar nggak ada celah buat dicurangin.
6. Jangan pernah jual putus!
7. Kalau setuju bernaung di bawah manajemen label, pastikan posisinya menguntungkan dan kita berhak memutus kontrak bila melihat segala sesuatu nggak berjalan pada tempatnya.
CODA
Kesimpulan kami, bahwa Rahasia untuk bisa mendapatkan kontrak rekaman, selain 7 Tips diatas, adalah adanya suatu passion/sikap antusias, adanya patience/kesabaran, dan mempunyai kemauan untuk terus belajar. PASSION/sikap antusias bisa dibangun dgn cara membentuk sebuah imajinasi dalam pikiran kamu.Sebuah imajinasi yg merdeka.Apakah sebuah tepuk tangan bergemuruh dalam sebuah konser, ataukah sebuah award yg kamu angkat tinggi-tinggi,dll.Karena imajinasi yg dibangun secara terus-menerus akan memotivasi dan mendekatkan langkah kita terhadap goals/tujuan.
Miliki PATIENCE..kesabaran..sudah bukan rahasia lagi cerita sukses tentang GIGI, Sheila on 7, Slank, DEWA19, Padi, Peterpan, dst. Semua pasti melalui sebuah masa penantian. Masa dimana ada suatu ketidakpastian tentang apa yg sedang mereka tunggu, sedang mereka harapkan. Bahkan akan ada suatu masa dimana kita merasa nothing... merasa semua usaha sia-sia...Jadi ketika kalian sudah memutuskan untuk masuk ke industri, mindset To WAIT with PASSION mutlak dimiliki.
Kemauan untuk terus belajar. CARA BELAJAR yg paling baik, menurut kami, merupakan suatu proses berkesinambungan, mulai dgn belajar secara tidak langsung yaitu dgn membaca buku, mendengarkan CD, melihat DVD, dan belajar secara langsung dari band-band sukses, ikut diskusi musik, seminar musik. Selebihnya juga BELAJAR SECARA LANGSUNG dgn bertindak, merenung, menganalisa, menyimpulkan, kemudian bersyukur dan berbagi. Demikian seterusnya dan kembali lagi ke proses awal.
Dan itulah yg kami lakukan saat ini... Bersyukur dan berbagi dgn temen-teman semua... Bukan ngajarin,bukan pula sok ngeguruin, tapi dgn berbagi kayak gini, kami juga bisa terus belajar dan menempa diri agar passion itu tetap terjaga...
18 November 2009 jam 5:06 · Laporkan
Pelajari apa yg dilakukannya, apa saja keyakinan intinya dan bagaimana ia berpikir. Anda akan menghemat banyak waktu, sebab Anda tidak perlu repot- repot menciptakan metodanya. Anda cukup menyempurnakannya. Anda tinggal membentuknya ulang, bahkan mungkin bisa menjadikannya lebih baik.
Kami merasa mempunyai kewajiban moral untuk berbagi/sharing pengalaman dgn teman-teman semua. Cukup sudah informasi tentang kord-kords lagu,tips bermain gitar or tips bermain drum yg baik, dsb. Kini kami akan berbagi pengalaman dan Tips agar Band kamu sukses menembus label rekaman.
Sebelum kamu membaca halaman berikutnya. Sekali lagi kami ucapkan selamat, karena kalian telah memutuskan untuk mengambil tindakan pertama untuk melangkah menuju kesuksesan.
INTRO
Apa yg menyebabkan sebuah band bisa mendapatkan kontrak rekaman perusahaan rekaman besar ?
Pertanyaan itu pasti selalu ada di benak semua anak band. Mendapatkan kontrak rekaman adalah sesuatu yg susah-susah gampang. Dibutuhkan bakat, kepandaian dalam memasarkan, dan faktor Luck.Namun kita harus mempunyai keyakinan dan berusaha dgn cara yg tepat. Ibarat Anda bepergian naik taxi namun Anda tidak menginformasikan alamatnya ke sopirnya .Apa yg terjadi? Taxi itu akan berputar-putar saja dan tidak pernah sampai ke alamat yg dituju.
Inti dari cerita itu adalah tetapkan dulu goals atau tujuan band Anda terlebih dahulu secara spesifik. Apakah band Anda hanya ingin jadi band entertaint yg memainkan lagiu top 40 seumur hidup, hanya ingin menjadi band indie lokal, atau pingin menjadi band nasional yg dikontrak major besar. Intinya,Tetapkan dulu tujuan Anda nge-band!!.
Setelah menetapkan tujuan yg jelas, Band kamu harus menaikkkan standar.Anda ingin jadi band dgn kualitas seperti kangen band, wali, dst atau band2 besar Indonesia misal : Slank, Dewa, GIGI. Lebih baik lagi kalau standar Anda band kelas dunia misal : Rolling Stones,U2, dst. Dgn menaikkan standar dan acuan, band Anda akan ter-sugesti untuk menjadi band yg mempunyai standar tinggi.
Setelah goals sudah ditetapkan dan standar sudah dinaikkan, rinci rencana kerja karir band kalian, fokus, dan terus belajar, dan jangan lupa berdoa.Karena diatas semua itu, ada tangan yg Maha Agung yg akan menuntun langkah kita
FLOWCHAT
Tips #1
MEMBENTUK BAND
1. Mencari nama band
Kelihatannya sepele, namun ini hal yg sangat penting. Karena merupakan landasan untuk step berikutnya. Memilih nama band harus sesuai dgn musik yg dibawakan dan imagenya, Cara mencari referensi nama band bisa dilakukan dgn browsing di internet, cari di google dalam bahasa Indonesia saja, supaya tidak rancu dgn band luar negeri atau merk sebuah produk. Atau tanya Tokoh2 Spiritual...he7X..beneran ini ....he7x...karena dalam kenyataannya musisi sekelas ahmad dhani melakukannya.
Tips : Nama harus mudah diingat; Nama harus mudah diucapkan dan dieja; Nama harus mudah dibentuk sebagai logo; Nama harus mudah untuk dikaitkan dgn filosofi tertentu, dan Nama harus tidak biasa/unik.
2. Menentukan imej Band
Pengertian imej : imej yg terbentuk dari band merupakan merupakan persepsi yg ditangkap publik saat menerima informasi apapun yg diberikan band tersebut secara terus menerus.
Tips : Image bisa ditimbulkan dari musik,lirik, gaya/penampilan, fashion/kostum,attitude personil, sampul album, desain merchandise, dan opini personil band ketika diwawancarai media cetak/TV.
Tips #2
BERLATIH DAN MENCIPTAKAN LAGU
1. Berlatih band
Berlatihlah secara teratur, karena selain harus bisa menciptakan lagu yg baik band Anda juga harus mampu bermain rapi dan kompak.Untuk mencapainya tidak bisa tidak band Anda harus berlatih secara teratur.
2. Menciptakan Lagu yg “Beracun”
Tips A :
Para pelaku industri rekaman di Indonesia menyebut tidak ada rumus baku sebuah lagu ciptaan seseorang bakal sukses di pasaran.”Tetapi yg jelas, setiap lagu yg sukses biasanya punya “racun” didalamnya”, ungkap Mohamad Wirasto, yg akrab dipanggil Kiwir, Kepala Depatemen A & R (Artist n repertoire) EMI Music Indonesia. “Racun” yg dimaksud Kiwir adalah bagian lagu yg memorable, alias mudah diingat. Bagian tersebut bisa berupa notasi,tema lagu, aransemen musik,lirik, atau bahkan susunan bait-bait liriknya. (Kompas,15 April 2007)
Tips B :
“Inspirasi bisa datang dimana saja dan dalam suasana apa saja. Jadi untuk songwriter biasakan selalu membawa buku kecil dan mp3 untuk merekam. Kalo inspirasi diibaratkan binatang buruan, maka buku kecil dan MP3 adalah pengikat yg baik. Kadang-kadang suka hilang kalo tidak cepat dicatat/direkam (Matra, 27 Mei 2004).
Tips C :
(1). Sebelum membuat lagu, coba dengarkan musik sebanyak-banyaknya. Dengerin referensi lagu sebanyak mungkin. Dari semua genre musik. Blues, Jazz, Pop, swing, Rock n roll, reggea, ska, alternatif, grunge, rap metal, emo. Dgn begitu, kita akan memiliki banyak referensi untuk modal membuat LAGU SENDIRI.
(2). COBA JUJUR dalam berkarya. Bikinlah lagu yg sesuai dgn selera. Karena, saat membuat lagu yg memang kita sukai, biasanya ide akan lebih cepat mengalir.
(3). Jangan malu untuk mengacu pada karya yg ada. Bukan berarti kita jadi PLAGIATOR, lho! Toh mengacu tidak sama dgn menjiplak. Hanya mempermudah kita memulai, sampai kita menemukan gaya menulis LAGU KITA SENDIRI.
(4). Jangan membuat lagu yg berat. Coba buat lagu yg gampang dinyanyikan dan gampang dimainkan. Biar lebih banyak orang yg bisa menerima lagu kita.
(5). PERHATIKAN LIRIK! Nggak bisa dipungkiri kalo lirik mempunyai kekuatan tersendiri dalam sebuah lagu. Lirik yg bertemakan cinta memang sangat menjual, tapi harus disesuaikan juga dgn warna musik. Cobalah buat lirik yg simpel dan menarik tapi mempunyai pesan yg baik, syukur lirik bisa ditafsirkan bermacam macam untuk memberikan ruang pikir dan perasaan masyarakat. Boleh juga agak SEDIKIT NAKAL. Dgn lirik yg sederhana tapi nakal itu, mungkin masyarakat luas lebih bisa menerima.
(6). Jangan sekali-kali mengartikan lagu bagus itu sebagai lagu yg dipenuhi berbagai instrumen. Cuma dgn gitar pun lagu bisa terdengar bagus. INGAT, bagus bukan berarti rame. Bukan juga berarti juga KAYA BUNYI.
(7). Jangan takut mendengar kritikan orang pada lagu kita. Kritikan itu justru bisa dijadikan modal untuk membuat lagu bagus di masa mendatang.
Tips #3
PANGGUNG/VENUE KECIL
Setelah lagu kamu jadi, ujilah apreasi penonton terhadap lagu ciptaan kamu sebagi uji kualitasnya.Panggung menjadi tempat yg bagus untuk mengetahui bagaimana para penonton merespon lagu ciptaan band kamu.Bisa jadi lagu favorit Anda sebagai songwriter malah tidak disukai penonton.Berarti Anda harus lapang dada, perbaiki, coba lagi terus-dan terus.
Untuk bisa manggung di venue-venue, PENSI, Acara2 Kampus, Promo rokok or Provider, band kamu harus rajin membuka hubungan dgn EO. Media, Studio musik, rental sound, dst. Tips :
1. Coba cari list promotor atau EO sebanyak mungkin di kota asalmu. Langsung kirimkan demo atau album dgn kemasan terbaik pada mereka, dan jangan lupa lengkapi dgn biodata dan foto.
2. Seru juga kalau dilengkapi dgn rekaman aksi panggung berupa VCD maupun DVD. Tentunya yg kualitasnya nggak jelek-jelek amat.
3. Coba undang promotor ke event dimana band kita ikut serta sebagai performer. Biar mereka bisa mendapatkan lebih banyak gambaran soal band kita.
4. Kalau susah dapat promotor buat konser kecil, rajin-rajin ikut festival. Percaya deh. Banyak promotor yg mencari performer lewat jalur ini.
5. Kalau dapat tawaran, jangan lantas pasang harga tinggi. Coba tempatkan band kita pada step yg sepantasnya. Ingat, pengalaman manggung membawa kita menjadi band yg baik di masa depan.
6. Saat ditonton promotor JANGAN GROGI. Cuek saja. Toh, bukan hanya mereka yg akan memberi pekerjaan pada kita.
7. Jangan terlalu menjilat. Meski banyak yg duka dijilat, tapi ada waktunya mereka ingin melihat kita bersikap TULUS.
Tips #4
MEREKAM DEMO SEDERHANA 8/12 TRACK
BIKIN DEMO YG MENARIK
1. Pilih lagu yg dinilai bisa menggambarkan karakter dan imej band. Karena karakter dan imej amat penting di mata perusahaan rekaman.
2. Coba bikin aransemen yg sederhana namun memikat.
3. Pastikan, ada satu bagian dari keseluruhan lagu yg mengandung “racun”i. Entah itu intro, song maupun reff.
4. Rekamlah lagu dgn LAYAK. Tidak perlu mencari studio yg mahal. Tidak perlu juga merekam dgn sistem track. It’s okay merekam live,
5. Jangan lupa sertakan lirik. Karena, lirik dinilai cukup tinggi oleh tim Artist & Repertoire (A&R) *) yg mendengarkan demo kita.
6. Siapkan packaging yg menarik. Dgn packaging yg catchy dan merarik, bisa membuat A&R tertarik mengambil dan mendengarkan demo kita.
Semua hal yg disebutkan biasanya dikenal sebagai PROMO KIT, yaitu sebuah paket promo yg harus bisa merepresentasikan bukan hanya musik sebuah band namun juga imej band secara keseluruhan sehingga memudahkan perusahaan rekaman melakukan identisikasi produk. Biasanya PROMO KIT terdiri dari CD Demo, foto band,biografi band, contact person management dan info-info menarik tentang para anggota band,kliping koran/majalah berita tentang band kamu, dan foto-foto manggung band kamu.
*) Keterangan :
A & R adalah ujung tombak label rekaman yg bertugas untuk berburu dan mengontrak artis-artis/BAND pendatang baru yg potensial menghasilkan keuntungan bagi label rekaman.
Tips #5
MEMBENTUK MANAGEMENT BAND
Tips :
MEMILIH MANAJER YG TEPAT
Sebuah band jelas membutuhkan seorang manajer. Fungsinya bukan untuk GAYA-GAYAAN. Tapi sebagai mitra kerja band untuk mencapai sesuatu yg mereka inginkan. Pengertian manajer sebenarnya SIMPLE! Seorang manajer adalah sosok yg dianggap kapabel untuk mengatur urusan band diluar proses kreatif.
TUGASNYA BANYAK. Mulai mengatur jadwal latihan, mengatur keperluan band setiap kali manggung, menyiapkan strategi berjualan, melakukan deal dgn pihak lain yg berhubungan dgn bisnis. Dan masih banyak lainnya. Melihat tugas yg BERANEKA RAGAM, sosok manajer sebaiknya memang tidak dipegang satu orang. Lantas bagaimana memilih manajer yg TEPAT?
Berikut ini ada beberapa tips yg BISA DICOBA!
1. MANAJER haruslah sosok yg mengenal dgn baik musik kita. Dgn mengenal produk, manajer itu bisa memikirkan banyak strategi untuk mengembangkan PRODUKNYA.
2. MANAJER haruslah sosok yg disegani oleh seluruh personil. Dgn begitu, manajer bisa jadi penengah setiap ada perselisihan. Saran-sarannya juga bakal selalu DIDENGAR. Karena wibawanya cukup besar di mata seluruh personil.
3. MANAJER harus memiliki kapabilitas untuk berbisnis di jalur musik. Setidaknya tahu soal sound system, kontrak dan berbagai masalah lain di industri musik. TIDAK HARUS ADVANCE, NAMUN PUNYA BASIC YG CUKUP.
4. MANAJER haruslah sosok yg cerdik dan mampu menghasilkan ide-ide gemilang yg out of the box.
5. MANAJER harus memiliki kemampuan berkomunikasi tinggi. Karena dia adalah WAKIL BAND yg berhubungan dgn klien untuk berbagai urusan. MULAI DARI LEGAL SAMPAI BISNIS.
Management band bisa terdiri atas :
1. BAND MANAGER
Manajer yg berperan aktif mengatur kegiatan anak band. Mulai dari imej, pengaturan jadwal, hingga pengurusan kontrak dgn berbagai pihak.
2. BUSINESS MANAGER
Manajer yg mengurusi pengembangan bisnis sebuah band. Dia yg bertanggung jawab atas masalah bisnis sebuah band. Mulai dari soal merchandising, pengadaan fans klub, penjualan brand band, sampai promosi
3. ROAD MANAGER
Manajer bertanggung jawab mengurus segala keperluan band yg berhubungan dgn panggung dan latihan. Ketika tour bisa dibilang ia adalah ketua rombongan yg merepresentasikan kepentingan artis dan semua crew.
4. STAGE MANAGER
Manajer yg bertanggung jawab mengontrol proses load in (masuk) dan load out (keluar) segala macem hardware di sekitar panggung, mengurus keberadaan alat-alat, dan mengkoordinir teknisi.
Selain Manajer, Band juga harus mempunyai seorang LEADER. Ybs harus seseorang yg mempunyai wawasan musik yg paling luas diantara personil lainnya. Dan bisa berfungsi sebagai designer musik. Baik secara musikal maupun imej.Mempunyai jiwa kepemimpinan dan sense of bussines yg baik. Jiwa kepemimpinan karena dia harus memimpin semua anggota band dan tim management bersama dgn Manager. Sense of businness karena dia harus mampu menghidupi band, management beserta keluarganya.
Untuk Indonesia, contoh leader yg baik adalah Bimbim dgn Slank dan Pulau Biru management-nya dan Ahmad Dhani dgn DEWA 19 dan Republik Cinta Management-nya. Walo keduanya mempunyai gaya kepemimpinan yg berbeda, but it’s OK sepanjang mampu membuat band bertahan lama dan secara bussiness masih jalan.
Tips #6
MEMBUAT STRATEGI UTK MENGEMBANGKAN KARIR BAND
Tips A :
MEMBUKA JALUR DISTRIBUSI
Kalau memang tertarik menjual musik, kita harus mencoba membuka jalur distribusi. Biar album yg kita produksi makin meluas wilayah jualnya. Berikut tips seru guna membuka jalur distribusi.
1. Bikin perencanaan penjualan yg detail. Mulai dari jumlah album yg dijual, jumlah dana yg tersedia untuk distribusi, sampai luasnya area yg jadi target penjualan. Dgn begitu, kita bisa LEBIH FOKUS MEMAKSIMALKAN PENYEBARAN ALBUM.
2. Kalau jumlah dana untuk distribusi sedikit, ada baiknya melakukan distribusi sendir. Modalnya cuma sedikit bensin, tenaga, semangat dan kemauan, kok! Langsung saja datangi distro terdekat. Atau boleh juga datang langsung ke toko kaset yg ada di kota kamu. Langsung saja nego soal pembagian keuntungan di sana. Tidak banyak makan dana. Sekedar catatan, sebelum nyamperin distro atau toko kaset, yakinkan kalau pendengar jenis musik kita bakal datang ke tempat itu. Kalau ternyata jarang datang, ya percuma. Album kita bakal cuma jadi ALAS DEBU.
3. Kalau punya uang lebih dan ingin distribusi yg lebih besar, langsung cari saja info seputar perusahaan distribusi di kota kita. Coba datangi satu-satu dan lakukan negosiasi. Jangan terpukau dgn angka yg murah. Jangan juga langsung sewot dgn jumlah yg besar. Lihat dulu perencanaan distribusi yg mereka buat. Soalnya, efektivitas penjualan jelas tergantung pada perencanaan.
4. Begitu album kita terdistribusikan, jangan lantas senang. Pekerjaan belum selesai. Kita harus masih mengecek ke titik pendistribusian guna mengetahui kinerja rekan usaha kita. Selain itu, juga rajin-rajin melihat laporan keuangan. Biar kalau ada masalah, bisa cepat terselesaikan.
5. Dari akar katanya, distribusi adalah menyebarkan sebuah produk ke banyak tempat. Artinya, meski album kita sudah ada di mana-mana, tetap saja dibutuhkan kegiatan lain guna menarik pembeli. Makanya, selain ditentukan distribusi, penjualan album juga amat tergantung pada promosi yg kita lakukan.
Tips B :
KIAT PROMOSI EFEKTIF
Ingat, promosi yg baik nggak selalu DIDASARI JUMLAH BUJET! Jadi bohong kalau ada yg bilang promosi besar-besaran bisa meningkatkan penjualan. Kalau strateginya tidak pas, jumlah uang makin banyak terbuang. Sementara, penjualan tetap nggak nambah-nambah. Lantas, melakukan promosi yg EFEKTIF ?
1. Pastikan dulu target market yg bakal disasar oleh produk kita. Perlu diingat, yg namanya barang jualan pasti punya pasar spesifik. Jadi mengenali pasar adalah KEHARUSAN. Biar strategi promosi bisa dibikin.
2. Setelah mengenal target market, coba bikin strategi promosi yg pas. Dan jangan lupa sesuaikan dgn budjet. Misalnya, kalo musik kita pas orang kuliahan, cobalah lakukan promosi minim budjet di beberapa tempat dekat kampus. ENTAH BAGAIMANA CARANYA. Mulai dari bagi stiker, kaos sampe main akustikan. Dgn begitu, band kita langsung terpromosikan pada pasarnya.
3. Selain cara-cara konvensional macam poster, stiker, kaos dan berbagi merchandise lainnya, mendekati media adalah sarana promosi yg penting. Karena, lewat media, pendengar musik bisa lebih kenal dekat pada band kita. Yg perlu diingat, JANGAN NYAMPAH!!!. Coba dekati media yg pas sama segmen musik kita. Biar sedikit tapi tepat sasaran.
4. PERGUNAKAN TEKNOLOGI! Cobalah berpromosi lewat SMS, Email dan berbagai situs internet seperti : You Tube, Myspace dan masih banyak lagi. Melihat kebiasaan masyarakat yg udah melek internet, media ini amat tepat buat berpromosi.
5. Coba perbanyak teman. Caranya, sering nongkrong atau korespondensi via email. Biarkan teman-teman kita ini bercerita bagaimana musik yg kita mainkan. Karena promosi word of mouth terkadang amat efektif.
Tips #7
BERNEGOISASI DGN LABEL
Handphone contact person band kamu dihubungi oleh A & R perusahaan rekaman. Senang?. Bahagia?.Pasti!!.Namun jangan langsung terbawa perasaan. Karena, rasa senang bisa jadi BUMERANG.
Kalau sudah dapat panggilan, langsung saja ikuti kemauan label yg berminat. Jika mereka minta tambahan lagu coba cari lagu-lagu lain yg dinilai “jualan”. Jangan mutung. Itu harus dilakukan, karena meski bergerak di bidang seni, mereka juga perusahaan yg harus menghasilkan laba.
Saat label memutuskan untuk melakukan kontrak, jangan terlampau girang. Cobalah lakukan langkah-langkah di bawah ini :
1. Coba untuk berbicara dgn nada sewajar mungkin. Jangan cepat emosi. Entah marah atau KETAWA-KETAWA KARENA GIRANG
2. Jangan langsung ditanda tangan. Coba bawa pulang kontrak, dan lihat pasal-pasal yg berhubungan dgn keterikatan band. Mulai dari lama kontrak, bentuk kontrak (full atau kerja sama), sampai sangsi yg akan menimpa kedua belah pihak bila kontrak batal.
3. Kalau kurang mengerti, nggak apa juga minta tolong orang yg lebih mengerti. Mungkin manajer, band, teman, atau pengacara.
4. Perlu diingat, kontrak kerja adalah perjanjian kerja sama. Jangan mau dirugikan bila merasa kontraknya nggak sesuai. Langsung negosiasikan bagian-bagian yg kurang berkenan.
5. Soal duit-duitan bisa terlihat menipu. Jangan terpana sama besarnya royalti advance. Langsung selidiki bagian-bagian yg menjurus pada pendapatan kita. Biar nggak ada celah buat dicurangin.
6. Jangan pernah jual putus!
7. Kalau setuju bernaung di bawah manajemen label, pastikan posisinya menguntungkan dan kita berhak memutus kontrak bila melihat segala sesuatu nggak berjalan pada tempatnya.
CODA
Kesimpulan kami, bahwa Rahasia untuk bisa mendapatkan kontrak rekaman, selain 7 Tips diatas, adalah adanya suatu passion/sikap antusias, adanya patience/kesabaran, dan mempunyai kemauan untuk terus belajar. PASSION/sikap antusias bisa dibangun dgn cara membentuk sebuah imajinasi dalam pikiran kamu.Sebuah imajinasi yg merdeka.Apakah sebuah tepuk tangan bergemuruh dalam sebuah konser, ataukah sebuah award yg kamu angkat tinggi-tinggi,dll.Karena imajinasi yg dibangun secara terus-menerus akan memotivasi dan mendekatkan langkah kita terhadap goals/tujuan.
Miliki PATIENCE..kesabaran..sudah bukan rahasia lagi cerita sukses tentang GIGI, Sheila on 7, Slank, DEWA19, Padi, Peterpan, dst. Semua pasti melalui sebuah masa penantian. Masa dimana ada suatu ketidakpastian tentang apa yg sedang mereka tunggu, sedang mereka harapkan. Bahkan akan ada suatu masa dimana kita merasa nothing... merasa semua usaha sia-sia...Jadi ketika kalian sudah memutuskan untuk masuk ke industri, mindset To WAIT with PASSION mutlak dimiliki.
Kemauan untuk terus belajar. CARA BELAJAR yg paling baik, menurut kami, merupakan suatu proses berkesinambungan, mulai dgn belajar secara tidak langsung yaitu dgn membaca buku, mendengarkan CD, melihat DVD, dan belajar secara langsung dari band-band sukses, ikut diskusi musik, seminar musik. Selebihnya juga BELAJAR SECARA LANGSUNG dgn bertindak, merenung, menganalisa, menyimpulkan, kemudian bersyukur dan berbagi. Demikian seterusnya dan kembali lagi ke proses awal.
Dan itulah yg kami lakukan saat ini... Bersyukur dan berbagi dgn temen-teman semua... Bukan ngajarin,bukan pula sok ngeguruin, tapi dgn berbagi kayak gini, kami juga bisa terus belajar dan menempa diri agar passion itu tetap terjaga...
18 November 2009 jam 5:06 · Laporkan
Mengenai Saya
- sehelai daun
- aku adalah aku... Sang rumput liar...

0 komentar